Berita AlQuran

Demi Pena dan Apa yang mereka Tuliskan ..

14670618_1264367386943227_2503129419990737887_nKementerian Agama akan menyerahkan Alquran Mushaf Santri kepada Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Santri 2016 di Serang, Banten, Jawa Barat.

Alquran Mushaf Santri merupakan hasil acara Pencanangan Budaya Nasional Menulis Mushaf Al-Quran yang digelar pada 12 Oktober 2016 lalu.

“Mushaf ini akan diserahterimakan kepada Presiden Jokowi pada puncak perayaan Hari Santri malam ini di Serang Banten,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Setjen Kementerian Agama, Mastuki melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/10/2016).

Pembuatan Alquran Mushaf Santri dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Sebanyak 40.128 santri pondok pesantren ikut berpartisipasi dalam acara itu.

Selain penulisan Mushaf, Kemenag juga menggelar lomba fotografi dan cerpen pesantren dengan tema “Dari Pesantren untuk Indonesia” yang diikuti kalangan pondok pesantren dan kalangan umum. Setidaknya ada 4.025 naskah cerpen yang diterima panitia dan telah dinilai oleh tim juri yang terdiri dari pengasuh pondok pesantren Raudlatut [...]

 

Menyambut Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2016 mendatang, besok, Rabu (12/10) di Auditorium Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Nomor 6 Jakarta, Kementerian Agama menggelar penulisan Mushaf Al-Quran oleh 42.840 santri. Penulisan Mushaf Al-Quran serentak dilakukan di 34 Provinsi diawali dengan goresan pertama oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama 608 santri yang berasal dari pondok pesantren yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya, dalam waktu yang sama, 608 santri di setiap provinsi serentak melakukan hal yang sama. Masing-masing santri menulis dua halaman mushaf, sehingga dalam satu hari tersebut akan menghasilkan dua Mushaf Al-Quran.

Ditemui di sela-sela rapat persiapan kegiatan ini, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Mohsen menyatakan bahwa, tujuan dari kegiatan ini untuk membudayakan menulis Al-Quran di kalangan santri sebagai bagian dari membangun karakter bangsa, seperti tertuang dalam tema kegiatan ini, Solusi Kementerian Agama RI dalam Membangun Karakter Bangsa.

“Membangun budaya menulis merupakan bagian dari upaya agar seluruh santri dapat [...]

IMG_6714 Ribuan orang turut serta dalam memeriahkannya. Melakukan penulisan bersama Al-Qur’an metode Follow The Line (Mengikuti Garis) sederhana, menyenangkan dan terabadikan, dalam rangka merayakan MILAD PONDOK PESANTREN SURYALAYA Ke – 110 yang didirikan oleh Syeikh Ahmad Shohibul wafa Tadjul Arifin (Abah Anom), Tasikmalaya 24 Agustus 2015.

Perayaan ini di isi layaknya bazzar, dengan tema “PENTAS TAFAKUR, TASYAKUR, TADZAKUR”. Yang banyak dihadiri santri-santri, para ulama, warga sekitar,  serta tak luput diramaikan oleh artis Krisna Mukti selaku aktor, pembawa acara, dan Anggota DPR periode 2014-2019 berkebangsaan Indonesia dan juga dimeriahkan oleh Gambus Modern The Sufi.

Kyai asal jombang – jawabarat ini, KH. FARZAIN menyampaikan bahwa “Saat ini jarang sekali orang yang menulis quran sehingga dihawatirkan dimasa yang akan datang, orang muslim dibodohi oleh tulisan  Al-Quran oleh muslim lain.”Kegiatan ini juga didukung oleh bapak DEKA MDS selaku pengusaha asal tasikmalaya.

Untuk menarik [...]

iqro bil qolam follow the line kegiatan menulis

Sangat disayangkan minat baca rakyat Indonesia khususnya umat Islam kecil sekali, menurut data Kemandiknas 200 akases pendidikan di Indonesia masih perlu mendapt perhatian, lebih dari 1,5 juta anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan sekolah dan 34,5% masyarakat Indonesia masih buta huruf. Sedangkan menurut UNESCO pada tahun 2012, indeks minat baca di Indonesia baru mencapi 0,001. Artinya dalam setiap 1000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat baca. Kemudian data dari Bada Pusat Statistik (bps) menyebutkan minat baca penduduk hanya sekitar 23,5% sebaliknya minat menonton televisi mencapi 85,59%. Sekarang timbul pertanyaan yang hobi baca masih di pilih apakah orang Islam atau orang kafir? Timbul lagi pertanyaan lagi jika orang Islam yang hobi membaca apakah buku yang dibaca? Bagaimana dengan yang hobi menulis?

Padahal secara tegas al-Qur’an memotivasi untuk membaca, firman yang pertama kali turun yaitu, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, (QS Al-Alaq[96]1)

Kata iqro merupakan bentuk kata [...]

Gerakan Wonogiri Mengaji

Revolusi Mental

qurantulis.com – Gelar akbar 5.000 orang Islam menuliskan huruf Arab telah dilaksanakan di Alun-alun Giri Kridha Bhakti dan halaman Masjid Besar Taqwa Kabupaten Wonogiri. Acara dibuka langsung oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Dien Samsudin.  Kegiatan ini akan menggunakan metode follow the line atau ngeblat, aksi ngeblat ini akan dilakukan sebelum Ketua MUI menyampaikan tausyiah. Kegiatan keagamaan ini digelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-274 Kabupaten Wonogiri. Pencanangan Gerakan Wonogiri Mengaji dihadiri Ketua MUI Pusat, Prof. Dr. H. Din Syamsudin, MH. Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Din Syamsudin, MH berharap gerakan Wonogiri Mengaji ini akan berimbas ke kabupaten/kota lainnya dan akan menjadi inisiasi terbentuknya Gerakan Indonesia Mengaji. “Kalau umat Islam memegang teguh Al Qur’an maka umat Islam akan sukses, dan jika umat Islam sukses berarti Bangsa Indonesia akan sukses,” tegasnya.Gerakan Wonogiri Mengaji ini dibuka dengan hafalan Al-Qur’an Surat An-Naba oleh siswa siswi sekolah Islam dan sekolah umum. Hampir 265 siswa serentak berdiri [...]

Solmisasi Notasi Nada itu dari ilmuan Muslim

Karya Al Ma’mun dan Ishaq Al Mawsili

Menurut Jean Benjamin de La Borde. Seorang ilmuwan dan komponis Perancis, dalam bukunya Essai sur la Musique Ancienne et Moderne(1780 M). Tangga nada dalam musik, (solmisasi), sudah ada sejak abad ke-9. Notasi itu, terdiri dari silabels dalam abjad Arab, yaitu Mi Fa Shad La Sin Dal Ra. Senada juga, dipaparkan oleh komposer Eropa lain, Guillaume-André Villoteau (1759-1839 M). Menurutnya, solmisasi adalah hasil daya cipta ilmuan muslim.

Bagi La Borde, temuan notasi abjad Arab tersebut, ditranslit oleh ilmuwan Eropa ke bahasa Latin, menjadi Ut, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si. Urutan itu, diambil dari himne Ut Queant laxis. Sebuah himne yang ditujukan untuk St. Jhon the Baptist. Yang biasa dikenal dengan himne St. Jhon.  Dengan urutannya: Ut queant laxis Resonare fibris Mira gestorum Famuli tuoru Solve polluti Labii reatum Sancte Iohannes. Artinya: So that your servants may, with loosened voices, resound the wonders of your deeds, clean the [...]

Bapak Al-Jabar dan Penemu Algoritma

Abu Abdullah Mohammad Ibn Musa al-khawarizmi lebih dikenal dibarat sebagai Al-Gorizm. Dia dianggap sebagai bapak Al-Jabar sebab merupakan orang pertama yang meletakan dasar dari cabang ilmu matematika terpenting yaitu Al Jabar. al-jabr penemu-algoritma

Nama Al Jabar diambil dari buku karangannya yang berjudul Al-Jabr wal Muqabilah. Al khawarizmi menjadi tokoh vital yang mencipta sistem dan angka puluhan dengan menyodorkan konsep “ketiadaan yang diadakan” dalam simbol angka “Nol”. Dengan adanya penemuan inilah lalu nama Algoritma (diambil dari Al-khawarizmi) diterapkan pada sistem ini sebagai penghormatan padanya dan setelah itu Algoritma menjadi cabang matematika tersendiri. Ia adalah penggagas beberapa cabang dan konsep azas matematika.

Sebagai pakar Al Jabar ia begitu cemerlang. Dia tidak hanya menjadi inisiator atas subyek dalam pembentukan sistematika tetapi juga membangunkan penyelesaian analitikal dalam pengembangan garis lurus dan persamaan kwadratik.Dia juga [...]

Back to top